Contact Us

Name

Email *

Message *

Masya Allah.. Inilah Gunung Surga Yang Ada Di Dunia

Masya Allah.. Inilah Gunung Surga Yang Ada Di Dunia

Masya Allah.. Tahukah kita bahwa ternyata ada satu gunung di dunia ini yang nantinya juga akan ditemukan di surga? Dari sekian banyak gunung yang ada di muka bumi, gunung satu ini memang sangat spesial.

Gunung ini bahkan pernah menjadi saksi terjadinya perang hebat antara kaum muslimin dengan golongan kafir Quraisy Makkah. Di dalam gunung ini ada sebuah gua yang menjadi tempat persembunyian Rasulullah SAW untuk mengelabuhi lawan.

Inilah Gunung Surga Yang Ada Di Dunia
Gunung Uhud


Makhluq Allah ini juga sangat dicintai oleh Rasulullah SAW. Siapa saja dari kaum muslimin yang pernah melihatnya di dunia, insyaallah bisa kembali melihatnya di surga. Seperti yang pernah disabdakan oleh beliau SAW dalam sebuah hadits shahih,

Dari Anas bin Malik R.A, Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya Uhud adalah satu gunung yang mencintai kami dan kami juga mencintainya.” (HR Bukhari dan Muslim).

Ya, Gunung ini bernama Uhud, Gunung yang terletak sekitar 7 kilometer dari Masjid Nabawai ini memiliki ketinggian sekitar 1.077 meter dengan panjang perbukitan sekitar enam kilometer. kaum muslimin yang sedang melaksanakan Haji dan Umrah bisa menyempatkan diri untuk datang ke gunung ini. Berkali-berkali Nabi menjelaskan tentang keutamaan Uhud dibanding gunung lainnya, Dalam sebuah hadist beliau bersabda,

Bukit Uhud adalah salah satu dari bukit-bukit yang ada di syurga.” (H.R. Bukhari)

Warna dari gunung Uhud ini adalah coklat tua. Uniknya, gunung uhud ini berdiri sendiri dan tidak bersambungan dengan gunung lain seperti gunung gunung pada umumnya. Sehingga jika ada gunung di sekitar daerah tersebut mengalami gangguan, maka tidak akan berpengaruh terhadap gunung Uhud.  Oleh karena itulah penduduk Madinah menjulukinya dengan Uhud (dari kata ahad) yang artinya “gunung menyendiri'.

Dalam sejarah Islam, Gunung Uhud atau Jabal Uhud sangat sarat akan histori. Gunung ini pernah menjadi saksi bisu perjuangan Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya dalam peperangan Uhud melawan kafir Quraisy Makkah.

Perang Uhud terjadi sekira tanggal 23 Maret Tahun 625 Masehi atau bertepatan dengan 15 Syawwal 3 Hijriyah. Perang ini adalah pertempuran spiritual dan politik yang sebenarnya. Di sekitar gunung Uhud ini kaum muslimin yang berjumlah sekira 700 orang dengan gagah berani melawan kaum kafir Makkah yang beranggotakan 3000 orang.

Pada perang ini, kaum muslimin saat itu diberi pilihan oleh Nabi, antara kesetiaan pada agama dan kecintaan harta dunia. Jika melihat kondisi pegunungan tersebut, tak terbayangkan bagaimana sulitnya mengatur strategi peperangan yang terjadi.

Perang Uhud menyisakan kisah yang sangat memilukan. Dimana ratusan sahabat Nabi banyak gugur. Bahkan paman Nabi Muhammad SAW, Sayyidina Hamzah bin Abdul Muthalib juga meninggal dunia dalam perang tersebut.

Para syuhada yang gugur di medan Uhud kemudian dimakamkan tepat dibawah bukit ini. Nabi menjelaskan, meski kaum muslimin pada waktu itu banyak yang gugur, namun jasad mereka akan tetap mendapat perlindungan dari Allah.

"Mereka yang dimakamkan di Uhud tak memperoleh tempat lain kecuali ruhnya berada di dalam burung hijau yang melintasi sungai surgawi. Burung itu memakan makanan dari taman surga, dan tak pernah kehabisan makanan. Pada syuhada itu berkata siapa yang akan menceritakan kondisi kami kepada saudara kami bahwa kami sudah berada di surga."

Allah SWT kemudian menurunkan ayat yang artinya: “ Dan janganlah mengira bahwa orang yang terbunuh di jalan Allah itu meninggal. ” (Qs 3:169)

Masya Allah.. Inilah Gunung Surga Yang Ada Di Dunia
Makam para Syuhada' Uhud, di tempat inilah dikuburkan 70 sahabat Nabi Muhammad yang gugur pada Pertempuran Uhud


Benar saja, setelah 1400 tahun berlalu, terjadi banjir besar yang membuat makam dua syuhada Uhud, yakni Hamzah dan Ibnu Jahsyin porak-poranda karena banjir ini. Namun ternyata, jasad keduanya masih utuh dan terlihat darah mengucur seperti baru saja meninggal. Mereka kemudian dikuburkan di tempat lain namun masih dalam sekitar kawasan Uhud.

Saat ini, Gunung Uhud dan Makam Syuhada' Uhud sering dikunjungi oleh para peziarah yang sedang Umrah atau haji


JIKA MENURUT ANDA BERMANFAAT, 
SILAHKAN BAGIKANKE TEMAN ANDA



No comments:

Post a Comment

Back To Top